ImageBantu Penyandang Disabilitas Terdampak Covid 19...
Image

Bantu Penyandang Disabilitas Terdampak Covid 19

ImageIndonesia
Rp 0 terkumpul dari Rp 500.000.000
0 Donasi 2 bulan, 6 hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Bantu Penyandang Disabilitas Terdampak Covid 19

 

Berdasarkan jurnal yang dibuat oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintahan Australia, penyandang disabilitas berisiko lebih besar terkena dampak pandemic Covid-19. Hal ini disebabkan karena penyandang disabilitas bekerja di sektor informal dan berpenghasilan rendah, bahkan beberapa dari mereka cenderung memiliki penghasilan tidak tetap.

Sektor informal yang dimaksud adalah pekerja rumah tangga, buruh harian, pembuat kerajinan tangan, pedagang kecil, dan sebagainya. Secara umum, pendapatan yang didapatkan mereka perbulan sekitar Rp. 1 juta atau bahkan kurang.

Setelah krisis Covid-19, ada sebanyak 87 persen responden yang mengalami penurunan pendapatan. Penurunan terparah lebih banyak terjadi di wilayah perkotaan, zona merah, dan wilayah yang terkena PPKM.

Dampak tersebut menyebabkan kemungkinan 69 persen responden menjadi miskin atau semakin miskin akibat pandemi. Baik Laki-laki maupun perempuan terancam mengalami penurunan pendapatan walau lebih beresiko perempuan.

Hal ini dikarenakan penyandang disabilitas dengan jenis kelamin perempuan cenderung memiliki pendapatan jauh lebih rendah dibandingkan laki-laki penyandang disabilitas. Akibat penurunan tersebut, dilaporkan bahwa sembako menjadi lebih sulit diperoleh oleh mereka.

Walau pemerintah telah banyak berusaha membantu lewat program perlindungan sosial Covid-19 dan mayoritas penyandang disabilitas mendapatkan minimal satu program bantuan, tetapi secara umum cakupan perlindungan sosial bagi penyandang disabilitas masih tergolong rendah.

Selain masalah ekonomi, penyandang disabilitas mengalami kendala dari segi kesehatan. Hal ini dikarenakan akses pelayanan kesehatan di masa pandemi tidak cukup inklusif untuk penyandang disabilitas.

Bagi mereka, melakukan usaha preventif 3M seperti mencuci tangan sesuai anjuran WHO, memakai masker yang benar serta menjaga jarak adalah tantangan tersendiri. Ditambah lagi beberapa penyandang disabilitas membutuhkan pengasuh untuk membantu mereka sehingga usaha menjalankan protokol kesehatan terhambat.

Secara informasi, beberapa dari mereka memerlukan berbagai format berbeda sesuai dengan jenis disabilitas yang ada. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk huruf braille, video, audio, teks, bahasa sederhana, gambar, dan lainnya. Sayangnya informasi tersebut tidak tersedia secara inklusi untuk membantu mereka.

Sehingga kami berharap dapat mengajak teman-teman berdonasi yang akan disalurkan dalam bentuk Paket sembako,Sosialisasi Pencegahan Covid 19,  vitamin, masker, handsanitizer dan modal usaha.

Salurkan bantuan untuk penyandang disabilitas dengan cara:

  1. Klik tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran
  4. Ikuti instruksi pembayaran transfer untuk menyelesaikan pembayaran

Bukan hanya mendoakan dan berdonasi, teman-teman juga bisa bantu dengan cara membagikan halaman galang dana ini juga loh. Semoga dengan bantuan yang diberikan oleh teman-teman, para penyandang disabilitas dapat mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Terima kasih banyak atas bantuanmu ya!

  • August, 31 2021

    Campaign is published

Belum ada donasi untuk penggalangan dana ini

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close