ImageGerakan Selamatkan Imam Sholat Jenazah Covid 19 di...
Image

Gerakan Selamatkan Imam Sholat Jenazah Covid 19 di Daerah Pelosok

ImageIndonesia
Rp 0 terkumpul dari Rp 500.000.000
0 Donasi 3 bulan, 13 hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Gerakan Selamatkan Imam Sholat Jenazah Covid 19 di Daerah Pelosok

 

Sahabat, saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 diperpanjang  sampai agustus membuat guru ngaji dan kiyai pasrah terhadap keamanan dirinya. Hal ini disebabkan banyak dari mereka yang diminta rumah sakit maupun tetangga untuk jadi imam sholat jenazah Covid-19 tanpa Alat Perlindungan Diri (APD) akibat keterbatasan yang ada.

Berbekalkan dengan alat seadanya dan ketabahan hati, mereka tetap ikhlas dan pasrah loh sahabat dalam saat melaksanakan shalat jenazah untuk pasien Covid-19 yang telah meninggal. Padahal kondisi harian kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Menurut data dari JHU CSSE COVID-19 Data dan Our World in Data, diperkirakan ada sekitar 30.000 hingga 40.000 kasus dan angka kematian akibat Covid-19 sekitar 1.000 hingga 1.500.

Walaupun menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum ada bukti bahwa mayat dari orang yang terinfeksi virus Covid-19 ini dapat menularkan ke orang lain, tapi tetap pelaksanaan shalat jenazah Covid-19 harus dengan tindakan perlindungan yang tepat. Hal ini dikarenakan virus tetap berada di dalam tubuh manusia yang telah meninggal selama 24 jam.

Tata cara pelaksanaan shalat jenazah Covid-19 menurut diktis.kemenag.go.id adalah sebaiknya dilakukan di tempat yang aman dari penularan Covid-19, menyegerakan shalat karena hukumnya sunnah serta dilakukan oleh minimal satu orang. Jika tidak memungkinkan dilaksanakan di masjid atau rumah, jenazah dapat dishalatkan di kuburan sebelum atau sesudah dimakamkan.

Dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah petugas yang menshalatkan wajib mengikuti protokol sesuai yang ditetapkan pemerintah. Sehingga para kiyai dan guru ngaji sebagai imam shalat seharusnya menggunakan APD agar mereka tetap aman dan terhindar dari bahaya Covid-19.


Dengan berdonasi, bantuan yang akan didapatkan para imam sholat jenazah Covid-19 adalah sembako untuk keluarga kiyai, APD, masker, handsanitizer, sarung tangan dan vitamin serta santunan uang tunai. Tujuannya agar kiayi dan guru ngaji dapat tetap tenang dalam membantu penyolatan jenazah pasien Covid-19 dan terhindar bahkan mengurangi resiko terpapar Covid-19.

Yuk, lindungi para kiyai dan guru ngaji agar mereka dapat membantu menyolati jenazah yang terkena dampak Covid-19 dengan cara

  1. Klik tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Kami mendoakan orang-orang yang berdonasi agar senantiasa diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Bantuan Anda menguatkan mereka yang kurang beruntung dan memberikan secercah harapan hidup untuk masa depan.

Bukan hanya mendoakan dan berdonasi, Sahabat juga bisa bantu dengan cara membagikan halaman galang dana ini juga loh. Semoga dengan bantuan yang diberikan oleh sahabat, para kiyai dan guru ngaji dapat tenang dan tidak was-was lagi jika menjadi imam shalat jenazah pasien Covid-19.

  • August, 31 2021

    Campaign is published

Belum ada donasi untuk penggalangan dana ini

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close